3 Tepung Terigu Berprotein dan Kegunaannya

Tepung terigu merupakan bahan penting untuk membuat kue atau makanan. Namun kamu wajib tahu jenis-jenis tepung terigu untuk menghindari kekeliruan. Yuk, simak 3 jenis tepung terigu berprotein yang biasa digunakan.

 

1. Tepung Terigu Protein Rendah

 

Memiliki kadar protein rendah sehingga sedikit menyerap air. Tepung terigu ini akan menghasilkan tekstur yang kering dan renyah. Cocok untuk membuat kue kering, biskuit, wafer, sponge cake, pie, dan sebagainya.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

 

Memiliki kadar protein sedang dan biasa dikenal sebagai tepung serbaguna. Tepung terigu ini menghasilkan adonan yang mengembang dan lembut. Cocok untuk membuat kue basah, martabak, pancake, brownies, risoles, gorengan, bolu, dan sebagainya. Tak jarang tepung terigu ini digunakan sebagai campuran untuk membuat kue kering juga.

3. Tepung Terigu Protein Tinggi

 

Memiliki kadar protein tinggi sehingga banyak menyerap air. Tepung terigu ini menghasilkan adonan yang bisa mengembang dengan sempurna, elastis, dan kenyal. Biasanya tepung ini digunakan untuk makanan yang prosesnya memakai ragi. Cocok untuk membuat donat, roti, mi, pasta, sus, dan sebagainya.

 

Sekarang kamu sudah bisa membedakan ketiganya kan? Jangan salah pilih lagi karena jika keliru akan memengaruhi kualitas olahan. Kamu gak perlu bingung untuk belanja bahan masak dan bahan kue seperti minyak, tepung terigu, margarin, gula dan lainnya. Cukup klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *